Tuesday, May 19, 2009

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Pendidikan Islam

Menguasai ilmu pengetahuan adalah sebuah hal yang bisa mengantarkan seseorang untuk meraih kesuksesan. misalnya, seseorang yang menguasai bahasa asing (Ingrris, dsb) dapat meningkatkan karir mereka. kita semua mungkin sudah mengetahui bahwa di setiap aspek baik itu aspek yang terkecil hingga yang terbesar, seringkali menggunakan bahasa asing misalnya bahasa Inggris digunakan dalam hal administrasi, pendidikan, bisnis, komersial dan mungkin saja pemerintah. itulah salah satu peran bahasa asing dalam kehidupan seseorang.

di dalam dunia pendidikan, bahasa inggris berperan sangat penting, termasuk dunia pendidikan Islam. karena dengan bahasa inggris, bisa diartikan bahwa kita telah mendapatkan kunci untuk menguasai ilmu pengetahuan. kita dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. sebagaimana kita tahu, beberapa referensi pendidikan Islam menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab, misalnya buku tentang kedokteran milik Ibnu Sina, tentang Matematika milik Al Jabar, tentang politik dan sejarah milik Ibnu Khaldun. Buku-buku mereka saat ini diajarkan di negara-negara barat misalnya di Jerman, Inggris, Canada, ataupun Amerika. Sehingga buku-buku mereka yang berbahasa Arab itu telah diadopsi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Dengan bahasa Inggris, ternyata kita juga dapat bertukar informasi tentang Islam, ilmu pengetahuan, ataupun keduanya yang lebih dikenal dengan Sains Islam. Dan juga kita dapat berdakwah dengan menggunakan tulisan-tulisan seperti artikel ataupun menyusun buku dalam bahasa Inggris berisikan kajian Islam, kemudian kita publikasikan ke dalam internet. sebagaimana kita tahu internet sangatlah efektif dalam menyebarkan informasi. Dan bahasa yang sering digunakan dalam internet adalah bahasa Inggris. Sehingga hal tersebutlah yang menjelaskan bahwa bahasa Inggris itu sangat penting dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan Islam.

Menurut Zuliati, dosen bahasa Inggris di IAIN Sunan Ampel Surabaya, di dalam blognya beliau mengatakan bahwa bahasa Inggris dalam dunia pendidikan Islam adalah termasuk sebuah media komunikasi untuk berdakwah ke seluruh dunia terutama dunia Barat seperti Amerika dan Eropa. Kita tetap mempelajari Islam dengan menggunakan bahasa aslinya yaitu bahasa Arab, setelah itu kita dapat menyebarkan ke orang-orang non muslim.

Bahasa Inggris ternyata juga dapat digunakan dalam kondisi yang rawan. dalam hal ini misalnya bila terdapat seseorang atau beberapa orang non muslim Barat yang mengalami kesalahpahaman dalam mempelajari agama Islam, dan mereka tidak ataupun kurang memahaminya, kita dapat membantu mereka dengan memberikan penjelasan tentang Islam dengan menggunakan bahasa Inggris.

dalam dunia pendidikan, masih terjadi beberapa hambatan dalam mengajarkan bahasa Inggris terutama dalam pendidikan Islam. menurut saya, masih kurangnya kesadaran peserta didik untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing mereka. hal ini masih dikarenakan bahasa inggris itu sebagai suatu pelajaran yang menakutkan. bagaimanapun, kita harus mengubah image itu sehingga bahasa inggris menjadi sebuah momok yang menyenangkan. bagaimana caranya?

saat ini, ada beberapa pengajar yang masih menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan bahasa Inggris. oleh karena itu, cara-cara seperti perlu diubah sehingga peserta didik lebih tertarik kepada bahasa Inggris, misalnya sering menggunakan metode permainan, mengadakan music club, menyanyi bersama dengan lagu-lagu yang menggunakan bahasa Inggris, ataupun menonton film yang menggunakan bahasa Inggris setelah itu dibahas isi dari film itu dengan menggunakan bahasa Inggris.

wal akhir, disini dapat disimpulkan bahwa dengan bahasa Inggris kita dapat mempelajari ilmu pengetahuan, baik itu ilmu pengetahuan umum ataupun sains Islam. dengan bahasa Inggris pula kita dapat turut serta dalam perjuangan dakwah Islam, baik itu di negara kita sendiri atau negara-negara yang penduduknya masih banyak non muslim.

Harapannya, kita semua tak henti-hentinya selalu memohon kepada Allah sehingga diberi kemudahan dalam mecari ilmu.


El Salam, 19 Mei 2009

0 comments:

Post a Comment