Tuesday, January 20, 2009

Tidak Seharusnya


Hari ini, Selasa 20 Januari 2009, presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama tepat jam 12 siang waktu setempat dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Presiden kulit hitam pertama di USA. Dunia menyambutnya dengan suka cita, karena sangat mengharapkan adanya perubahan yang dijanjikan oleh Obama.


Mulai hari ini, ia tak lagi disebut sebagai presiden terpilih, tetapi sudah menjadi presiden yang sah bagi Amerika Serikat untuk empat tahun mendatang. Ia menyingkirkan saingannya John Mc Cain, yang sekarang saya sedang tinggal sementara di Negara Bagian Arizona dimana Mc Cain tinggal. Merupakan sebuah sejarah besar yang harus selalu diabadikan bahwa untuk pertama kalinya Amerika Serikat memiliki seorang pemimpin dari golongan hitam, yang juga menjadi golongan minoritas di Amerika Serikat.

Bisa kita lihat bersama di stasiun televisi manapun kebanyakan menayangkan bagaimana Obama dilantik dan meriahnya inagurasi atau perayaan pelantikan Obama. Belum ada presiden di Negara manapun yang mau membuat inagurasi dengan biaya lebih dari $150 million atau sekitar Rp. 1.500.000.000.000. Begitu meriah.

Menurut saya, ini tidak seharusnya dilakukan oleh Obama. Mengapa? Dunia sedang menunggu action Obama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan dunia, sebagaimana sengketa Palestina dengan Israel. Meskipun sekarang sudah ada perkembangan yang sedikit membuat lega setiap orang.

Inagurasi yang sungguh meriah itu tidak seharusnya dilakukan karena sangat sangat menghina dunia. Rakyat Amerika Serikat dan dunia, yang kini kena imbas krisis global, yang notabene masih membutuhkan banyak uang. Akibat dari krisis global yang dialami tidak hanya oleh rakyat Amerika, bahkan mungkin sampai ke Indonesia, membuat banyak rakyat menderita.

Obama, yang ditunggu akhirnya pun datang dengan berbagai janjinya untuk merubah segala sesuatunya. Namun disayangkan ketika dalam pelantikan diadakan perayaan yang menurut saya termasuk dalam kategori pemborosan. Ironisnya, masalah yang akan diselesaikan untuk pertama kali dalam pemerintahannya adalah ekonomi. Sungguh ini sebuah hal yang kontradiktif baginya. Menangani masalah ekonomi namun di awal pemerintahannya ia harus membuang uang Negara kurang lebih sebesar $150 million.

Kalaupun ia tidak mengadakan sebuah perayaan besar, paling tidak ia bisa hanya melaksanakan upacara pelantikan dan setelah itu ia langsung duduk di kursi panasnya untuk memimpin Amerika Serikat. Ia berbicara di pidatonya bahwa hari ini kita bersenang-senang, dan besok mulai bekerja. Ini seperti sebuah kalimat orang yang tidak mampu mengatur waktunya dengan baik,

Sebenarnya saya tidak terlalu mempermasalahkan kemampuan Obama, bahkan janji-janji Obama yang diumbar-umbar ketika kampanyenya. Tidak begitu penting saya untuk menganalisisnya. Saya kira semua orang yang berani untuk mencalonkan dirinya sebagai calon presiden selalu memiliki persiapan yang cukup matang untuk maiming negaranya itu. Termasuk Obama, mungkin dia dapat membawa Amerika Serikat kepada kondisi yang baik.

Ia diharapkan mampu mengubah Amerika Serikat menjadi Negara yang tidak lagi menjajah Negara lain dengan cara apapun.

Yang terpenting adalah ketika kita berada dalam kondisi apapun, selalu berusaha untuk hidup sederhana. Tidak seharusnya kita berlaku hidup boros, apalagi di sekililing kita banyak sekali orang yang masih membutuhkan bantuan kita. Meskipun kita misalnya diberi kehidupan yang cukup untuk kebutuhan hidup atau bahkan lebih dari itu, kita perlu tetap dalam hidup yang sederhana.

Sungguh dalam Islam sudah dianjurkan oleh Allah Swt untuk berlaku hidup yang tidak boros. Karena perilaku boros mencerminkan hidup yang tidak baik dan termasuk dalam teman-teman dari para syaitan. Na’u dzubillah.

Wal akhir, saya mengajak diri saya sendiri dan para pembaca untuk selalu memperhitungkan setiap detik hidup kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt., yang telah memberikan segala kemudahan hidup bagi kita semua. Semoga bermanfaat. Amin.

Zidni,
Arizona 01/20/2009

1 comments:

Anonymous said...

i think it's too early to be critical, this is the moment of celebration. obama is just getting started, we can not speculate as whether he could carry on a good governance or the other way round.
however, about Obama being Lavish, we can not too much credulously bank on the media's coverage and oppinion of him being so, since what media tell us can sometimes be bias (in this case, i think it is). we need to consider the fact that many people support Obama, donate for his campaign and lately for his inauguration.. i think verything is worth it.. American people have been through difficult times (they are in a difficult time) and they need a momment to celebrate, at least hoping for a good day, listening to the new leader easing their pain.. we saw how they gather in capitol hill, millions of them. yes we need to be critical, not necessarily now. we'll see and let's hope what he said in his inauguration is what he will always retain.

Post a Comment